Ciri Kurma Jantan dan Fungsinya

Ciri Kurma Jantan dan Fungsinya

buah kurma, kampung kurma, kampoeng kurma

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa pohon kurma adalah tumbuhan yang memiliki kelamin, yakni jantan dan betina. Meski demikian, kurma betina tidak selalu membutuhkan kurma jantan untuk dapat berbuah. Namun hasil pembuahan yang sempurna akan menghasilkan buah yang jauh lebih berkualitas. Pada hari ini, proses pembuahan tersebut telah dilakukan secara manual yakni dengan campur tangan manusia.

Langkah ini bertujuan memperbanyak kemungkinan terjadinya pembuahan pada pohon kurma betina. Namun masalahnya, untuk membedakan kurma jantan dan kurma betina terkadang tidak mudah. Setidaknya, kita perlu menunggu kurma tersebut ditumbuhi dahan atau pelepah. Dan dari pelepah itulah kita dapat mengetahui kurma jantan dan betinya.

Ciri yang sangat terlihat dari kurma jantan adalah warna pada pangkal pelepah. Biasanya, pangkal tersebut berwarna lebih cerah atau kekuning-kuningan. Kemudian ketika sudah berbunga, Anda akan lebih mudah lagi membedakannya. Pada kurma jantan akan ditemukan kelopak bunga dan serbuk sari yang sangat banyak. Kemudian dari sisi lain, pohon kurma juga dapat berkembang biak dengan kultur jaringan.

Setiap pohon akan menghasilkan pohon dengan jenis kelamin yang sama. Apakah ini berarti hanya pohon kurma betina saja yang dapat menghasilkan uang untuk Anda dari buahnya? Tentu saja tidak! Mungkin sudah banyak dikenal di dunia herbal bahwa bunga dan serbuk sari kurma jantan memiliki khasiat.

Baca juga: Kampung Kurma

Khasiat Bunga Kurma Jantan

Khasiat tersebut adalah dalam hal vitalitas. Untuk pria, bunga kurma jantan dapat meningkatkan jumlah sperma dan mempercepat gerakannya pada saat proses pembuahan. Sedangkan untuk wanita, kurma jantan akan lebih membuatnya subur sehingga membantu mempercepat proses pembuahan. Selain masalah vitalitas, kurma jantan ternyata juga dapat dijadikan suplemen alami untuk menjaga daya tahan tubuh.

Bahkan sebagian orang sampai rela menyimpan bunga kurma ini selama 1 tahun sebelum dijual dengan harga yang lebih tinggi. Pada hari ini harga pasar untuk bunga kurma jantan sekitar Rp 130.000-an. Meski tidak berbuah, kurma jantan tetap dapat Anda jadikan sebagai sumber pemasukan. Anda tertarik untuk mengembangkannya?