Kurma di Thailand

Kurma di Thailand

kampung kurma, buah kurma, kampoeng kurma, kurma thailand

Thailand mencuri perhatian beberapa tahun yang lalu tidak dengan potensi wisatanya, melainkan dengan buah kurma. Thailand pada tahun 2015 resmi menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mampu menghasilkan kurma tropis pertama di dunia. Bahkan hebatnya lagi, mereka berhasil membuat 9,6 hektare lahan penuh dengan pohon kurma yang mana berhasil dipanen 104 pohon kurma betina.

Total pemasukan pada tahun tersebut mencapai 2 miliar lebih untuk setiap petani! Pada hari ini, mereka kemudian membuat evolusi dengan mempersembahkan agrowisata kurma. Para pengunjung kemudian dapat merasakan sensasi memanen kurma tanpa harus jauh pergi ke negara-negara Arab. Pertanyaannya, darimanakah kurma di Thailand ini disupplai?

Benar, kurma di Thailand yang kemudian dikenal dengan nama kurma tropis ini tidak lahir di negara tersebut, melainkan didatangkan langsung dari Inggris. Inggris melalui sebuah departemen riset buah kurma mampu menghadirkan bibit kurma paling berkualitas di seluruh dunia. Dari lembaga inilah kurma Thailand berasal yang juga kemudian menjadi suplier pembibitan kurma di Indonesia.

Meski demikian, tidak semua jenis kurma dibudidayakan di negeri Gajah Putih. Misalnya kurma Ajwa yang juga disebut kurna Nabi. Kurma ini masih dalam pengembangan untuk dapat tumbuh dan berbuah di tanah tropis. Pada hari ini, kurma Ajwa masih hanya tumbuh di tanah Arab, terutama di kawasan Madinah.

Baca juga: Kampung Kurma Bogor

Maka untuk kawasan tropis, ada 2 jenis kurma yang telah berhasil dibudidayakan, yakni kurma Barhee dan kurma KL-1. Kurma KL-1 adalah singkatan Kolak One yang sangat populer di Thailand. Kurma di Thailand kemudian dibudidayakan dengan metode stek yang membuatnya semakin cepat berbuah. Kisah panen besar di tahun 2015 di atas sudah dapat dijadikan bukti nyata.

Kini Thailand memiliki agrowisata yang sangat unik dan menjadi menu wisata tambahan bagi siapapun yang mengunjungi negara tersebut. Prestasinya sedang akan disusul oleh para petani dan penggagas kebun kurma di Indonesia. Salah satunya adalah yang tengah digarap di kawasan Bogor, Jawa Barat. Bila Thailand bisa, Indonesia pun pasti bisa.