Kurma Tropis yang Cocok Ditanam di Indonesia

Kurma Tropis yang Cocok Ditanam di Indonesia

 

kurma dari indonesia, buah kurma indonesia, kampung kurma, kampoeng kurma

Buah kurma adalah buah yang tumbuh dan dikembangkan di jazirah Arab. Itulah kenapa buah kurma sering disebut sebagai buah Arab. Meski demikian, peminatnya datang dari seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Karena potensi pasarnya yang begitu besar, kurma kemudian dicoba untuk dibudidayakan di negara tropis, salah satunya adalah Thailand.

Negara tesebut berhasil membuat kebun kurma komersil pertama di Asia Tenggara yang notebene negara dengan iklim tropis. Tak mau kalah dengan Thailand, Indonesia kemudian juga memiliki kebun kurmanya sendiri dan memunculkan istilah kurma tropis Indonesia. Berminat untuk mengunjungi lokasi kebun kurma ini?

Lokasi Kebun Kurma Tropis di Indonesia

Kebun kurma tropis Indonesia yang pertama ada di Jonggol, kabupaten Bogor. Inilah yang menjadi awal nama Jonggol Farm, yang juga merupkan milik Kampung Kurma. Kawasan ini pertama kali ditanamiĀ  pohon kurma pada Februari 2013 dan pada November 2015 telah masuk liputan majalah Trubus. Tak kurang dari 320 bibit didatangkan dari Inggris yang menjadi lokasi riset kurma terkemuka di dunia.

Lokasi riset yang dinamakan dengan Dates Palm Development tersebut juga menyuplai kurma ke setidaknya 30 negara di dunia, termasuk Thailand sebagai pioner kurma tropis di kawasan Asia Tenggara. Dan pada hari ini, beberapa wilayah di Indonesia sudah ditumbuhi pohon kurma yang berbuah. Contohnya adalah Jawa Barat, Jogjakarta, Bekasi, Sumatera Utara, dan Riau.

Nama-nama wilayah tersebut diramalkan akan terus bertambah melihat kemudahan budidaya dan minat petani yang cukup tinggi. Bahkan pada hari ini, metode pembudidayaan juga semakin berkembang. Ini ditunjukkan dengan keberhasilan penerapan metode stekĀ  pada kurma tropis Indonesia berjenis barhee dan KL-1.

Metode ini telah sukses mempercepat masa buah dari pohon kurma yakni pada kisaran tahun ke-3 atau tahun ke-4. Meski lebih cepat berbuah, kenikmatan dari buah kurma ini tidak kalah dari kurma jazirah Arab. Kemajuan ini juga akan mempercepat popularitas buah kurma di Indonesia dan memungkinan siapapun untuk menikmati agrowisata kurma dengan lebih mudah tanpa harus pergi ke Thailand.