Langkah-langkah Menanam Kurma yang Baik dan Benar

Langkah-langkah Menanam Kurma yang Baik dan Benar

kampung kurma bogor, kampung kurma, kurma di thailand

Buah kurma lambat laun dilirik oleh sebagian orang Indonesia menyusul kabar keberhasilan kebun kurma di Thailand. Hal itu tidak lepas dari iklim kedua negara yang tidak jauh berbeda. Selain itu, kurma juga memiliki nilai jual yang tinggi dan sangat menguntungkan. Namun menanam kurma membutuhkan langkah dan lahan yang lebih khusus lagi. Seperti apakah langkah tersebut?

Mari kita kaji lebih jauh. Langkah pertama adalah menyiapkan lubang tanam dan jarak tanam. Untuk lubang tanam sendiri, buah kurma membutuhkan lubang dengan lebar dan panjang masing-masing 1 meter dengan kedalaman 60 cm. Ukuran ini memang lebar, namun nantinya akan diisi media tanam dengan unsur hara yang tinggi.

Selanjutnya adalah jarak tanam. Untuk skala yang paling kecil, buah kurma membutuhkan jarak tanam sebesar 7m x 7m. Namun untuk jarak tanam skala perkebunan dibutuhkan setidaknya 10m x 10m. Jarak ini dimaksudkan agar nantinya tanaman 1 dengan yang lainnya tidak saling menutupi sinar matahari mengingat buah kurma sangat membutuhkannya.

Mempersiapkan Media Tanam Bibit Kurma

Proses selanjutnya adalah dengan mendiamkan lubang dengan jarak tanam tersebut selama 1 minggu dan biarkan terkena sinar matahari. Bila sudah, masukkan media tanam seperti campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang dnegan perbandingan 1:1:1. Isi lubang tersebut dengan media tanam sampai penuh. Barulah setelah ini menanam kurma dilakukan.

Baca juga: Kampung Kurma di Bogor

Tanam bibit kurma pada media tersebut dengan menyisakan kurang lebih 5 cm permukaan tanah. Menanam terlalu dalam akan berakibat membusuknya akar sehingga aman mengakibatkan kematian. Kemudian untuk mendapatkan hasil yang baik, disarankan untuk menanam pada sore hari atau sekitar pada pukul 15.30. Meski kurma sangat identik dengan hawa panas, namun pada saat menanam kurma sangat disarankan untuk melihat ketahanan daun pada suhu di sekitarnya.

Bila daun terlihat layu, maka Anda dapat menambahkan peneduh sederhana dengan dahan pohon atau sejenisnya. Ini akan membantu bibit untuk dapat bertahan pada saat panas. Tak terlalu sulit bukan? Mulailah menanam sekarang sebagai investasi jangka panjang Anda di masa depan