Tentang Kampung Kurma

tentang kampoeng kurma, pt kampoeng kurma

Kurma adalah salah satu buah penting bagi umat Islam. Ini tidak lepas dari banyaknya hadist yang menyebutkan keutamaan kurma. Selain itu kurma juga disebutkan secara medis memiliki banyak khasiat terhadap berbagai macam penyakit berat seperti kanker dan jantung. Itulah kenapa pada saat ini tengah ramai pembudidayaan pohon kurma dalam skala rumahan atau kebun. Namun pertanyaannya, apakah ada perkebunan kurma di Indonesia?

Pertanyaan ini patut muncul mengingat Indonesia bukan negara beriklim panas sebagaimana tanah Arab yang menjadi rumah pohon kurma. Namun kabar baiknya, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ‘ada’. Bahkan telah lahir istilah kurma tropis yang merujuk pada kurma yang hidup di daerah tropis.

Perkebunan kurma di Indonesia terinspirasi oleh kesuksesan Thailand membuat kebun kurma yang juga menjadi agrowisata menarik saat ini. Thailand adalah negara tropis pertama yang mengembangkan ide tersebut. Namun untuk mendapatkan bibit kurma yang pas dengan iklimnya, negeri Gajah Putih memilih metode kultur jaringan.

Ternyata setelah diteliti dalam waktu yang lama kemudian diaplikasikan, kurma memiliki masa berbuah yang lebih pendek yakni kisaran 3 sampai 4 tahun setelah masa tanam. Tidak hanya itu, kurma juga menjadi lebih banyak buahnya.

Itulah yang melatarbelakangi berdirinya Kampung Kurma. Kemudian lahirlah kebun kurma pertama milik PT Kampoeng Kurma yaitu Jonggol Farm. Jonggol Farm adalah kebun kurma pertama di Indonesia yang berada di Bogor.

Kampung Kurma Mulai Dikenal

Tidak puas dengan 1 kebun, Indonesia melalui Igrow kemudian kembali membuka lahan seluas 5 hektare di daerah Pandeglang. Hebatnya lagi, Igrow memiliki 700 pohon kurma hasil kultur jaringan.

Sejak dimulainya proyek pertama di Jonggol, Kampung kurma mulai dikenal semenjak adanya proses Rush Money besar-besaran di tahun 2016. Dimana seorang hartawan yang mempunyai uang tapi bingung mau dikemanakan uang tersebut. Saat itulah proyek pertama Kampung Kurma langsung ludes terjual.

Selanjutnya proses pengembangannya, Kampung kurma kembali membuka lahan di daerah Tanjungsari, Koleang, Jasinga yang masih berada di Bogor. Tidak hanya itu, proyek di luar Bogor pun mulai terbentuk seperti diantaranya Kampung Kurma Cirebon dan Kampung Kurma Banten Selatan.

Pada tahun 2018 ini Kampung Kurma sudah memiliki lebih dari 6 kavling kampung kurma yang bisa Anda beli. Info pembeliannya silakan kontak kami. Itulah sedikit informasi tentang Kampung Kurma yang bisa Anda ketahui.