Tips Menanam Kurma di Indonesia

Tips Menanam Kurma di Indonesia

kurma di Indonesia, pohon kurma, buah kurma di indonesia, cara menanam kurma di indonesia, kampung kurma

Kurma identik dengan padang pasir dan jazirah Arab. Ini tidak lepas dari banyaknya perkebunan kurma yang ada di kawasan tersebut. Meski demikian, perkembangan jaman menunjukkan bahwa kurma telah dapat ditanam dan tumbuh sampai berbuah di kawasan tropis. Fakta ini telah dibuktikan dengan boomingnya perkebunan kurma di Thailand.

Keberhasilan di Thailand kemudian juga menaikkan minat menanam kurma di Indonesia. Mungkinkah dilakukan? Tentu saja sangat mungkin. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari bibit kurma itu sendiri. Pada hari ini telah terdapat 2 jenis kurma, yakni kurma gurun dan kurma tropis. Tentu saja untuk kawasan Indonesia, kurma tropis adalah pilihan yang lebih diutamakan.

Jenis kurma tropis sendiri dapat dibagi menjadi 2, yakni kurma Barhee dan kurma Kolak One atau yang biasa disebut dengan KL-1. Dua jenis kurma ini cocok ditanam di daerah tropis dan mengahasilkan kurma yang manis pada fase khalal atau fase segar. Maka dari aspek bibit, kita dapat memilih salah satu diantara, Barhee atau KL-1.

Jenis Kurma Yang Butuh Panas Lebih Banyak

Sedangkan untuk jenis kurma favorit seperti ajwa, khalas, dan khunaizi tidak disarankan karena membutuhkan panas yang lebih lama. Kemudian setelah itu, menanam kurma di Indonesia juga membutuhkan lahan dengan jarak dan lubang tanam tertentu. Jarak tanam yang disarankan untuk skala perkebunan adalah 10m x 10m.

Namun setidak-tidaknya berikan jarak dengan ukuran 7 m x 7 m. Ukuran ini sangat pas untuk kebun rumahan. Kemudian untuk dalamnya lubang, buatlah ukuran sebesar panjang 1m dan lebar 1m dengan kedalaman 60cm. Tanamlah bibit sekitar 5cm di bawah permukaan tanah sehingga tidak berpotensi mematikan akar.

Selanjutnya tips menanam kurma di Indonesia yang terakhir adalah tanamlah sesegera mungkin ketika musim panas dan lakukan proses panen pada saat musim hujan tiba. Musim hujan akan sangat berdampak pada busuk dan rontoknya buah kurma yang sudah matang. Setelah mendapatkan tips ini, nampaknya menanam kurma tidak begitu susah bukan? Anda dapat memulainya sekarang juga.